Connect with us

Nasional

Pangkoarmada RI Pimpin Sertijab Pangkoarmada I, Ill dan Kepala Staf Koarmada RI

Fokusindonesia.com, Jakarta, Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto, memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Pangkoarmada | dan Pangkoaramada lll, dalam upacara militer yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Laut Arafuru, Mako Koarmada RI, Jakarta Pusat, Kamis (26/01)

Jabatan Pangkoarmada | sebelumnya dijabat oleh Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, diserahterimakan kepada Laksamana Muda TNI Erwin S. Aldedharma dan Pangkoarmada III dari Laksamana Muda TNI Irvansyah kepada Laksamana Muda TNI Agus Hariadi. Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, selanjutnya akan menjabat sebagai Perwira Tinggi Staf Ahli (Sahli) Tk. Ill Bidang Banusia Panglima TNI dan Laksamana Muda TNI Irvansyah selanjutnya akan menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) |.

Laksamana Muda TNI Erwin S. Aldedharma yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Tahun 1991 atau angkatan ke-37 ini, sebelum menjabat Pangkoarmada I sebagai Wakil Komandan Jenderal Akademi TNI dan Laksamana Muda TNI Agus Hariadi yang merupakan lulusan AAL tahun 1992 atau angkatan-38, sebelum dilantik sebagai Pangkoarmada III menjabat sebagai Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil).

Pada hari yang sama Pangkoarmada RI, sebelumnya memimpin acara Serah Terima Jabatan Kepala Staf Koarmada Republik Indonesia (Kaskoarmada RI) dari Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan kepada Laksamana Pertama TNI Didong Rio Duta Purwokuntjoro, di Lounge Matjan Tutul, Mako Koarmada RI, Jakarta.

Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan adalah lulusan AAL tahun 1993 atau Angkatan ke 39, telah dilantik sebagai Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) menggantikan Laksamana Muda TNI Agus Hariadi yang akan menjabat sebagai Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) Ill. Sedangkan Laksamana Pertama TNI Didong Rio Duta Purwokuntjoro yang juga lulusan AAL tahun 1993, akan menjabat Kaskoarmada RI yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Pengkajian Maritim Sekolah Staf dan komando TNI Angkatan Laut (Kapusjianmar Seskoal)

Tugas Koarmada RI sebagai Kotama Operasi yaitu menyelenggarakan operasi pertahanan keamanan matra laut sesuai dengan kebijakan Panglima TNI dan sebagai Kotama Pembinan bertugas membina kesiapan operasional atas segenap jajaran komando berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada kasal.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya tersebut, Komando Armada RI tiga Koarmada bernomor yaitu Komando Armada I berkedudukan di Tanjung Pinang Kepulauan Riau, Komando Armanda Armada II berkedudukan di Surabaya, Jawa Timur, dan Koarmada Ill berkedudukan di Sorong, Papua Barat.(Sum)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional