Connect with us

Nasional

Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. Hadiri Apel Komandan Satuan TNI Tahun 2023

Jakarta. Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. menghadiri Apel Komandan Satuan (Dansat) TA 2023 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Laksamana TNI H. Yudo Margono, S.E., M.M., C.S.F.A. bertempat di Gedung Lily Rochli, Kesatrian Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah. Sabtu, (28/01/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Staf Tri Matra TNI. Yaitu KSAD Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., C.S.F.A. serta diikuti oleh para pejabat utama Mabes TNI, Pangkotama, Komandan- Komandan Satuan TNI dan Angkatan dari seluruh Indonesia. Dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 28 sampai 29 Januari 2023.

Dalam pengarahannya, Panglima TNI mengatakan bahwa tugas Panglima TNI adalah sebagai pengguna kekuatan, tentunya yang menyiapkan dan merawat adalah matra tiap-tiap angkatan baik personel maupun Alutsista. “Kalau saya mengerahkan kekuatan, saya ingin yang terbaik personel maupun Alutsistanya” ungkap Panglima TNI.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan dalam pengelolaan anggaran, tentunya perlu ada pendampingan dari APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah). “Jangan hanya terencana, tetapi setiap kegiatan bersifat besar dan rawan segera didampingi termasuk pemanfaatan aset” ujarnya.

Panglima TNI juga menekankan, dalam memenuhi hak-hak prajurit untuk mendukung tugas jangan ada pengurangan, termasuk menjaga aset aset TNI harus dipertahankan dan dipertanggungjawabkan.

Penekanan panglima TNI lainnya yaitu, TNI harus menggiatkan program Pembinaan Teritorial. Disamping program tiap-tiap Matra yang sudah berjalan, TNI secara serentak akan melaksanakan kegiatan seperti bakti kesehatan, penghijauan dan sebagainya dengan tujuan untuk membantu program Pemerintah. Selain poin tersebut di atas, dalam pemaparannya Panglima TNI juga membahas beberapa fungsi staf, diantaranya bidang Intelijen, bidang Operasi, dan bidang Personel.

Tidak lupa Panglima TNI menekankan tahun 2023 ini merupakan tahun yang rawan, karena pada tahun 2024 akan dilaksanakan Pemilu. Panglima TNI berpesan jangan sampai ada Prajurit TNI Aktif terbujuk rayu terlibat dalam permainan politik praktis.

“Jangan terpancing dengan segala iming-iming, sampaikan kepada seluruh jajaran harus hati-hati dan selektif terhadap bermacam rayuan dalam rangka menghadapi Pemilu 2024 ini,” tegas Panglima TNI. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Agus Soeprianto, S.I.P.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional