Connect with us

Nasional

Pangkostrad Tutup Rapim dan Apel Komandan Satuan Kostrad TA 2023

akarta. Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., resmi menutup Rapat Pimpinan dan Apel Komandan Satuan (AKS) Kostrad TA 2023 yang dilaksanakan di Wonosari, Malang, Jawa Timur. Jumat (17/3/2023).

Pelaksanaan Rapim dan Apel Komandan Satuan Kostrad telah dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 15 sampai 17 Maret 2023 dengan tertib, aman dan lancar.

Dalam Rapim dan Apel Dansat Kostrad TA 202p3 ini, telah disampaikan evaluasi pelaksanaan Progja dan Anggaran TA 2022 dan penjelasan tentang Garis Besar Progja dan Anggaran TA 2023, yang meliputi bidang Pengawasan, Perencanaan, Intelijen, Operasi, Personel, Logistik, dan Teritorial. Untuk itu saya berharap kepada para peserta agar mencermati apa yang telah menjadi hasil evaluasi Progja Kostrad TA 2022, sehingga Progja Kostrad TA 2023 lebih baik.

Dalam amanatnya, Pangkostrad mengatakan jika pada Rapim dan Apel Dansat ini, para Perwira telah menyamakan cara pandang dan menentukan solusi terbaik guna mengoptimalkan Binsat. Perlu kreatifitas Dansat dalam meningkatkan kemampuan prajurit dan satuannya.

“Perwira harus menjadi solusi terhadap setiap permasalahan anggotanya. Prajurit Kostrad harus berhasil dalam setiap penugasan dan bermanfaat bagi masyarakat dalam rangka mendukung tugas pokok Kostrad. Oleh karenanya, saya sangat menghargai kesungguhan dan kepedulian para peserta dalam mewujudkan sikap, tekad dan mental kejuangan para Perwira guna membangun Kostrad,” ujar Pangkostrad.

“Dengan berakhirnya kegiatan ini, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada peserta, penyelenggara dan pendukung yang telah bekerja keras selama pelaksanaan rangkaian kegiatan, sehingga Rapim dan Apel Dansat Kostrad TA 2023 dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar,” tambah Pangkostrad.

Diakhir sambutannya, Pangkostrad memberikan beberapa penekanan yang patut dijadikan pedoman dalam setiap pelaksanaan tugas diantaranya :

Pertama. Implementasikan semua arahan dalam Rapim dan Apel Dansat Kostrad TA 2023 di satuan guna mewujudkan satuan yang profesional dan berkualitas.

Kedua. Para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), agar melaksanakan Rencana Penarikan Dana (RPD) masing-masing Satker untuk menunjang IKPA TA 2023 lebih baik dari IKPA TA 2022. Rencanakan penyerapan Anggaran dan Program TA 2023 sebaik mungkin sehingga tidak terdapat deviasi pada Halaman III DIPA pada masing-masing kegiatan program.

Ketiga. Para Dansat agar melaksanakan pengawasan terhadap seluruh kegiatan latihan yang dilaksanakan. Implementasikan hasil latihan secara maksimal, menunjang pelaksanaan tugas operasi.

Keempat. Hindari dan cegah terjadinya pelanggaran yang dapat merusak citra Kostrad melalui Binsat. Lakukan tindakan nyata pada kesejahteraan rakyat serta tingkatkan sinergitas / soliditas TNI/Polri.

Kelima. Kesiapsiagaan penanganan bencana yang terjadi di wilayah Indonesia agar setiap satuan melaksanakan pengecekan personel dan materil sehingga siap operasional.

Mengakhiri kegiatan, Pangkostrad menyerahkan Piagam dan Piala Bergilir Satuan Prestasi :

1. Satuan dengan Kategori WBK/WBBM Tahun 2022 : Brigif PR-18
2. Satuan dengan Temuan Wasrik Paling Sedikit : Yonif PR -330
3. Satuan dengan Pelanggaran Paling Sedikit : Yonarhanud-2
4. Satuan Terbaik Bid. Logistik : Denpom Divif-2
5. Satuan Terbaik dengan Publikasi Terbanyak di Media : Yonif PR-328
6. Satuan Terbaik Bid. Personel : Yonif PR-328
7. Satuan Terbaik Bid. Operasi : Yonif PR-328
8. Satuan Terbaik Bid. Teritorial : Yonif PR-328
9. Satuan Pembinaan Beladiri Terbaik : Yonif PR-328

Menjadi Juara Umum dan berhak atas Piala Bergilir Satuan Berprestasi adalah Yonif Para Raider 328/DGH Divif 1 Kostrad.

Untuk diinformasikan, sebelum penutupan peserta Rapim dan AKS Kostrad mengikuti kegiatan fun game psikologi lapangan dilanjutkan melaksanakan menembak Pistol bertempat di Kampoeng Tentara, Malang (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Agus Soeprianto, S.I.P.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional