Connect with us

Nasional

PELAJARI KONSEP K4IPP, PUSKODAL KOLINLAMIL GELAR LATIHAN FUNGSIONAL

Fokusindonesia.com, Berita Kolinlamil TNI AL, 1 Maret 2023 – Pesatnya perkembangan teknologi dewasa ini menuntut prajurit Kolinlamil untuk mampu beradaptasi dengan cara mempelajari dan menguasai teknologi yang dapat digunakan untuk mendukung kedinasannya. Terkait hal tersebut Pusat Komando dan Kendali (Puskodal) Kolinlamil melaksanakan Latihan Fungsional TW I tahun 2023 dengan materi Komando, Kendali, Komunikasi, Komputerisasi, Intelijen, Pengamatan dan Pengintaian (K4IPP) yang dilaksanakan di ruang Puskodal Kolinlamil, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (1/3).

Latihan fungsional yang akan dilaksanakan hingga beberapa hari ke depan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelaku latihan, agar setiap personel baik perorangan maupun kelompok diharapkan mampu melaksanakan tugas dengan baik sesuai prosedur yang berlaku. Salah satu sasaran yang hendak dicapai adalah terbentuk dan terjalinnya koordinasi serta kerja sama antar prajurit Kolinlamil dalam pengoperasian perangkat di Puskodal Kolinlamil dan KRI guna mengoptimalkan kinerja Puskodal Kolinlamil selaku unsur pelayanan Pimpinan yang memiliki tugas dalam mengumpulkan, penilaian, pengolahan data dan penyajian informasi.

“Dalam suatu pengendalian operasi, disamping eksistensi infrastruktur sistem komputer dan jaringan komunikasi data, aplikasi dan tools yang ada, juga harus didukung oleh pengetahuan, kemampuan dan keterampilan prajurit pengawaknya.” ungkap Kapuskodal Mayor Laut (P) Buas

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan dalam suatu kesempatan menyampaikan bahwa dalam suatu kegiatan latihan materi yang disampaikan antara teori dan praktek harus seimbang agar ilmu atau pengetahuan yang diterima dapat aplikatif di satuan kerja masing-masing peserta latihan. Panglima Kolinlamil berulang kali menyampaikan bahwa dalam masa damai kegiatan latihan adalah kesejahteraan bagi prajurit, oleh karena itu ia berpesan agar setiap prajurit yang terlibat latihan harus semangat dan bersungguh-sungguh.

Kegiatan operasi dan latihan pada dasarnya bertujuan untuk menguji kesiapan prajurit dan alutsista TNI AL. Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dalam perintah hariannya menginstruksikan bahwa prajurit TNI AL harus meningkatkan kesiapan operasional, baik alutsista maupun satuan-satuan operasi, diikuti dengan peningkatan kemampuan (capability) dalam menjawab panggilan tugas yang saat ini selalu berkembang secara dinamis. (Dispen Kolinlamil)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional