Connect with us

Nasional

Pentingnya Literasi Keuangan, Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Pengenalan Konsep Ekonomi Pada Anak-Anak

Fokusindonesia.com, Pemalang,- Risma Meidina Chantika, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I Universitas Diponegoro tahun 2023 dari Program Studi Akuntansi Perpajakan melaksanakan kegiatan penyuluhan pengenalan konsep ekonomi dasar bagi anak-anak di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah, Desa Gapura, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jumat (20/1/2023).

Edukasi mengenai pengenalan ekonomi sangatlah penting, terlebih apabila diajarkan sejak dini. Tidak hanya bagi orang dewasa saja, anak-anak usia dini juga perlu diberi bekal pehaman mengenai dasar-dasar ekonomi. Pengenalan pendidikan ekonomi akan membantu menambah wawasan anak usia dini, karena pada usia tersebut merupakan tahap awal bagi anak-anak untuk belajar dan berkembang.

Oleh karena itu, penyuluhan mengenai pendidikan ekonomi ini dikhususkan pada topik anggaran. Anggaran adalah bentuk perencanaan terhadap uang yang kita terima atau miliki. Anggaran perlu diajarkan kepada anak usia dini agar mereka dapat mengetahui mengenai prioritas kebutuhan yang mereka perlukan, membantu untuk menabung, menghindarkan dari sikap boros, serta membantu menggunakan uang dengan lebih bijak. Keberhasilan dari program penyuluhan dapat dilihat dari antusias dan interaksi antara mahasiswa dengan peserta penyuluhan.

Dengan program ini diharapkan anak-anak dapat menerapkan ilmu yang didapat dengan baik, sehingga kedepannya mereka akan lebih pandai untuk membuat anggaran keuangannya masing-masing, selain itu diperlukan dukungan dari orang tua masing-masing anak dan pihak sekolah agar dapat membina anak-anak dengan baik, serta membantu merencanakan masa depan mereka.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional