Connect with us

Nasional

Peran Penting Prajurit Kesehatan di Medan Tugas,Latihan UTP Jaga dan Tingkatkan Kemampuan Prajurit Kesehatan

 

Jakarta. Satuan Yonkes 2 Kostrad laksanakan Uji Trampil Perorangan (UTP) yang dilaksanakan di Mayonkes 2 Kostrad Desa Ngijo, kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Selasa (07/03/2023).

Uji Terampil Perorangan (UTP) merupakan parameter untuk mengukur tingkat kemampuan dasar perorangan seorang prajurit yang telah diberikan pembekalan pada saat melaksanakan Latihan Perorangan Dasar (Latorsar), latihan ini dilaksanakan selama 3 hari dan diikuti oleh 300 prajurit yang terdiri dari 32 orang penyelenggara dan 268 Pelaku.

Materi yang ujikan diantaranya seperti Ilmu Medan, Penyamaran, tekhnik tempur dasar serta navigasi darat untuk materi militer umum dan untuk teori militer kecabangan diantaranya menangani korban luka tembak, sengatan panas, multiple trauma henti napas dan jantung, korban gigitan ular, menyuntik, menginfus dll.

Prajurit Kesehatan 2 Kostrad wajib menguasai dua ilmu tersebut, karena prajurit kesehatan memiliki tugas yang sangat berperan penting di medan penugasan, yaitu memberikan pertolongan kepada rekan prajurit yang terluka akibat tertembak bahkan terkena ranjau sekalipun serta mengevakuasi korban yang gugur dalam medan penugasan baik pada medan yang normal maupun di medan yang sulit.

”Fungsi prajurit kesehatan memiliki peran penting disetiap penugasan, maka dari itu khususnya kita prajurit Kesehatan 2 Kostrad wajib menguasai 2 ilmu tersebut yaitu ilmu Militer Dasar dan Militer Kecabangan karna tugas yang kita emban tidak main – main dan berurusan langsung dengan nyawa seseorang.” Pungkas Danyonkes 2 Kostrad Letnan Kolonel Ckm drg. Agung Siswanto, Sp. KGA. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Agus Soeprianto, S.I.P.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional