Connect with us

Nasional

PERKUAT KETAHANAN PANGAN, LANTAMAL IV PANEN RAYA DAN TEBAR BENIH UDANG VANAME DI TAMBAK BINAAN

Fokusindonesia.com, TNI AL, BATAM– Sebagai wujud pelaksanaan Ketahanan Pangan Sektor Laut di lingkungan TNI Angkatan Laut, Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani, S.Sos., M.Si., menghadiri kegiatan panen raya dan penebaran benih udang vaname, Desa Tanjung Kertang, Barelang, Kota Batam. Rabu (10/01/2023).

Kegiatan ini merupakan program ketahanan pangan yang dicanangkan TNI AL khususnya Lantamal IV dalam rangka mendukung pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan pangan sehingga program ini terus dikembangkan bersama masyarakat, dan instansi terkait di daerah, dengan harapan dapat meningkatkan taraf hidup prajurit dan masyarakat di sekitar wilayah kerja Lantamal IV.

Pada pelaksanaan panen raya tersebut, terdapat 8 kolam tambak budidaya udang vaname yang menghasilkan 4 ton udang yang siap konsumsi. Setelah memanen udang vaname, Komandan Lantamal IV sekaligus juga melakukan penebaran bibit udang vaname sebanyak 35 ribu benih.

Pada kesempatan tersebut Danlantamal IV menyampaikan, bahwa “kegiatan ini merupakan implementasi dari tugas TNI AL sesuai dengan UU No. 34 tahun 2004 tentang TNI, di mana salah satunya adalah pembinaan wilayah pertahanan laut dalam bentuk pembinaan potensi maritim. Secara kebetulan Lantamal IV baru selesai melaksanakan relokasi di Batam, tentunya kita mencari potensi baru di sini untuk kemudian dilakukan pembinaan sekaligus melanjutkan salah satu program prioritas pemerintah, yaitu ketahanan pangan dalam mengatasi dampak dari pandemi walaupun saat ini sudah mereda.”

Harapan kita bersama kegiatan ini dapat terus berlanjut, terutama komunitas atau pengelola tambak udang vaname ini bisa semakin banyak dan kemudian tugas kita adalah melakukan pembinaan untuk membantu semua proses berjalan dengan baik, dan ini semua merupakan _out put_ dari pembinaan potensi maritim, tambahnya.

Dalam pengembangan perikanan maupun pembinaan, Spotmar Lantamal IV bekerjasama dengan pihak petugas perikanan sehingga mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan apa yang diharapkan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wadan Lantamal IV Kolonel Mar Andi Rahmat M, para Pejabat Utama (PJU) Danlantamal IV, Kasatker Lantamal IV, dan pengurus Jalasenastri Korcab IV DJA I.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional