Connect with us

Uncategorized

PPSDM KEBTKE Luluskan 30 Operator Pompa Air Tenaga Surya (PATS) Asal Timor Leste

a

 

Fokusindonesia com, Jakarta – Kegiatan Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Operasional Perawatan Pompa Air Tenaga Surya (PATS) yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) telah memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada dua angkatan peserta operator asal Timor Leste, dengan total 30 operator (14 operator batch pertama dan 16 operator dari batch kedua).

Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Operasional dan Perawatan Pompa Air Tenaga Surya (PATS) bagi Operator Angkatan Kedua telah resmi ditutup pada Jumat, 4 November 2022 yang lalu oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian ESDM Prahoro Yulijanto Nurtjahyo di Ruang Rapat BPSDM ESDM Jalan Gatot Subroto No. Kav. 49, Setiabudi, Jakarta Selatan, secara hybrid.

Sesuai dengan data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tahun 2019, 2,2 miliar orang (hampir seperempat populasi manusia dunia) masih membutuhkan air minum yang bersih dan layak. Banyak masyarakat yang tinggal di daerah terpencil, bahkan saat ini mengalami kesulitan akses air bersih karena lokasinya, atau tidak tersedianya fasilitas pendukung (seperti pompa). Minimnya akses listrik juga menjadi kendala dalam distribusi dan ketersediaan air bersih.

Dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang tinggal di daerah terpencil, program bersama untuk membuat listrik dan air bersih jadi mudah diakses, dikembangkan dan dilaksanakan oleh berbagai pihak. Pelatihan ini merupakan hasil kerjasama antara Kementerian ESDM dan United Nations Development Programme (UNDP) di bawah program Accelerating Clean Energy Access to Reduce Inequality (ACCESS), juga dukungan dari KOICA.

Kementerian ESDM berharap para peserta yang berasal dari Timor Leste mendapatkan pengalaman menginap yang menyenangkan, dan memiliki cerita untuk diceritakan saat tiba di rumah.

Adapun tujuan Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Pengoperasian dan Pemeliharaan Pompa Air Tenaga Surya untuk Operator adalah untuk melatih dan mempersiapkan operator pompa air tenaga surya lokal (secara teori dan praktik) agar kompeten dalam pekerjaan rutin mereka, sesuai dengan standar.

Pelatihan Teknis Pengoperasian dan Pemeliharaan Pompa Air Tenaga Surya untuk Operator Lokal telah diberikan sebanyak 70 sesi. Lebih lanjut, Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Pengoperasian dan Pemeliharaan Pompa Air Tenaga Surya Bagi Operator (Batch Kedua) telah dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober hingga 3 November di PPSDM KEBTKE, Jakarta Timur. Kunjungan lapangan ke Desa Rambatan, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat juga telah dilakukan pada tanggal 29 Oktober 2022.

UNDP ACCESS merupakan salah satu implementasi program South-South Triangular Cooperation (SSTC), yang menargetkan keuntungan dan peluang Bersama bagi negara berkembang. Program UNDP ACCESS meliputi pembangunan infrastruktur fasilitas pompa air photovoltaic (PV) di Timor Leste, serta pengembangan sumber daya manusia melalui pelatihan dan sertifikasi bagi operator lokal, yang dilaksanakan melalui kerjasama dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan, dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE). Program ini akan memanfaatkan manfaat energi matahari untuk menggerakkan pompa air, sehingga 3500 orang di Timor-Leste dapat memiliki akses air bersih yang layak untuk kehidupan mereka.

Seiring telah berakhirnya pelatihan dan sertifikasi untuk peserta gelombang kedua, pemerintah berharap agar pelatihan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Peserta diharapkan mendapatkan pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat berguna untuk desa asal Timor Leste sendiri.

Narahubung: Endah Pranata Humas Muda PPSDM KEBTKE (081316072186)

Caption Foto: Pelatihan Teknis dan Sertifikasi Operasional dan Perawatan Pompa Air Tenaga Surya (PATS) bagi Operator Angkatan Kedua oleh PPSDM KEBTKE yang Diikuti oleh Operator dari Timor Leste

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Uncategorized