Connect with us

Nasional

Prajurit Lantamal I Mengikuti Gelar Upacara Operasi Gaktib Yustisi Tahun 2023

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo diwakili Danpomal Lantamal I menghadiri Upacara Gelar Operasi Gaktib dan Yustisi TA 2023, bertempat di Lapangan Upacara Makodam I/BB Medan Sumatera Utara, Rabu (08/03/2023).

Dalam amanat Panglima TNI yang dibacakan Kasdam I/BB Brigjen TNI Boni Christian Pardede, S.E., menyampaikan bahwa dalam waktu Gelar pasukan Operasi Yustisi tahun 2023 sesuai visi dan misi TNI dalam mewujudkan prajurit TNI yang profesional, modern dan tangguh, Kepolisian Militer TNI menyelenggarakan fungsi Polisi Militer, diantaranya adalah penegakkan hukum, tata tertib dan disiplin bagi Prajurit serta PNS TNI melalui penggelaran operasi penegakkan ketertiban dan operasi yustisi. Upaya penegakkan hukum dan disiplin prajurit menjadi hal yang sangat penting. Hal ini juga yang kemudian menjadi pertimbangn bagi TNI untuk tetap menjadikan Gelar Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi sebagai salah satu Prioritas dalam pembinaan Personel di lingkungan TNI.

Tema dari operasi gaktib dan operasi yustisi Polisi Militer tahun 2023 ini “Dengan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi Tahun Anggaran 2023, Polisi Militer Siap Meningkatkan Ketaatan Hukum, Disiplin dan Tata Tertib Prajurit, Guna Menjadi Patriot NKRI Dalam Rangka Mendukung Pembangunan Nasional”.

Sasaran penyelenggaraan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi tahun ini adalah Meningkatkan disiplin, tata tertib serta kepatuhan hukum segenap prajurit TNI baik dalam Kedinasan maupun kehidupan sehari-hari, dan Menindak prajurit TNI yang melanggar hukum, disiplin, dan tata tertib dimanapun berada, serta Mencegah arogansi prajurit TNI yang dapat merendahkan martabat dan citra TNI di masyarakat.

Diakhir amanatnya, PanglimaTNI memberikan beberapa penekanan kepada seluruh prajurit TNI, Khususnya jajaran Polisi Militer TNI untuk dipedomani dalam pelaksanaan tugas, yaitu
Pertama, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa serta pegang teguh sapta marga, sumpah prajurit dan delapan wajib TNI sebagai landasan dalam menjalankan tugas. Kedua, Polisi Militer harus menjadi contoh terbaik dari ketaatan terhadap hukum dan menjadi model serta sosok terbaik dari disiplin seorang prajurit, kehadiran dari prajurit polisi militer TNI bukan untuk ditakuti, tetapi justru diinginkan dan dicari. Ketiga, kuasai secara menyeluruh tugas, wewenang, dan tanggung jawab serta prosedur pelaksanaan Operasi dengan fokus terhadap sasaran yang akan dicapai. Keempat, kuasai dan manfaatkan perkembangan teknologi dan informasi guna mendukung pelaksanaan tugas. Kelima, jaga nama baik TNI dan perkuat Sinergitas serta Soliditas dengan aparat penegak hukum lainnya demi suksesnya penyelenggaraan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi ini.

Pada kesempatan ini pula Panglima TNI menyatakan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi Tahun 2023, Secara resmi dinyatakan dimulai.

Dalam Apel Gelar pasukan Operasi Yustis tahun 2023 yang dihadiri oleh Pangdam I BB diwakili Kasdam I BB Kapolda diwakili oleh Irwasda, Komandan Kosek I di wakili Asintel dan Gabungan Pejabat Utama TNI Polri.

(Dispen Lantamal I)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional