Connect with us

Nasional

Prajurit Pos TNI AL Kampung Aie Bersama Tim Relawan Dampingi dan Monitoring Penyu Saat Bertelur Di Pantai Along

 

TNI AL, Lanal Simeulue,- Komandan dan Prajurit Pos TNI AL (Posal) Kampung Aie bersama Tim Relawan Konservasi Penyu Pantai Along mendampingi dan monitoring Penyu saat bertelur di Pantai Along, Kecamatan Salang, Kabupaten Simeulue, pada Minggu dini hari (12/02/2023).

TNI AL melalui Posal jajaran Lanal Simeulue yaitu Posal Kampung Aie ikut peduli dengan kelestarian satwa laut yang saat ini tengah terancam keberadaannya yaitu satwa penyu.
Bersama-sama dengan Tim Relawan Konservasi Penyu Pantai Along melaksanakan monitoring dan menjaga keberadaan penyu mulai dari penyu-penyu tersebut bertelur, menjaga keberadaan telur-telur penyu di tempat konservasi dan penetasan Pantai Along hingga menetas tukik dan dikembalikan ke laut.

Pada Minggu dini hari (12/02/2023) sekira pukul 00.30 WIB, dua ekor penyu jenis belimbing naik ke Pantai Along dan bertelur. Kedua ekor penyu tersebut mengeluarkan telur masing-masing 80 dan 36 telur dengan total sebanyak 116 telur. Selanjutnya telur-telur penyu tersebut direlokasi ke tempat konservasi dan penetasan masih disekitar pantai Along.

Danposal Kampung Aie Peltu Bah Eko Nur Ahadi mengatakan pihaknya sudah sejak lama bersama-sama Tim Relawan Konservasi Penyu Pantai Along selalu bekerjasama dalam usaha melestarikan satwa penyu dan menjaga keberadaan telur-telur penyu yang berada di Pantai Along.

Sementara itu, Danlanal Simeulue Letkol Laut (P) Hendra Dwinanto, S.H., M.Tr.Opsla., menyampaikan komitmennya untuk selalu berperan aktif dan bekerja nyata dalam setiap kegiatan pembinaan pemberdayaan potensi maritim termasuk didalamnya menjaga kelestarian satwa penyu, bersinergi dengan stake holder terkait bersama para relawan Konservasi Penyu, masyarakat dan Panglima Laot setempat.

Sebelumnya pada Sabtu pagi (11/02/2023), Danlanal Simeulue telah menyerahkan bantuan logistik dan bantuan peralatan kepada Relawan Konservasi Penyu Pantai Along sebagai bentuk dukungan kepada para Relawan dalam usaha menjaga kelestarian satwa penyu.

(Pen Lanal Simeulue)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional