Connect with us

Nasional

PURNA TUGAS BUKAN BERARTI BERHENTI MENGABDI KEPADA PERTIWI

s

 

FokusIndonesia.com Jakarta Berita Kolinlamil TNI AL, 16 Desember 2022 FokusIndonesia.com Jakarta Dengan berakhirnya masa dinas sebagai prajurit TNI Angkatan Laut dan PNS di jajaran Komando Lintas Laut Militer, 25 prajurit dan PNS Kolinlamil yang memasuki masa pensiun periode waktu 1 Juni hingga 1 Desember 2022 menerima tali asih dan piagam penghargaan dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yang dilaksanakan secara virtual dari Markas Besar Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (16/12).

Kasal, dalam amanatnya menyampaikan bahwa purna bhakti adalah proses alamiah yang harus dan pasti lalui. Namun demikian, dapat mengakhiri masa pengabdian hingga maksimal usia dinas akan menjadi momen yang sangat mengharukan dan menjadi impian kita semua. Sebab, tidak semua personel TNI Angkatan Laut dapat merasakan momen ini. Banyak diantaranya yang harus mengakhiri masa bhakti sebelum mencapai usia pensiun karena berbagai sebab.

 

“Penting untuk kita pahami bersama, bahwa memasuki masa purna bhakti bukanlah akhir segalanya. Fase ini hanyalah transisi dari mengabdi secara aktif dalam dinas TNI Angkatan Laut menuju pengabdian dengan cara lain di tengah-tengah masyarakat. Untuk itu, Bapak Ibu harus mempertahankan jati diri dan karakter insan Jalasena yang berbudi baik, disiplin, ramah tamah, peduli dengan lingkungan sekitar, serta menjadi teladan dalam sikap sederhana, serta menjadi pelopor untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi rakyat di sekelilingnya.” ungkap Kasal

 

Bertempat di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Agus Hariadi memimpin jalannya acara pelepasan prajurit dan PNS yang memasuki masa pensiun dan mewakili Kasal menyerahkan tali asih dan piagam penghargaan secara simbolis kepada prajurit dan PNS jajaran Kolinlamil yang memasuki masa purna tugas. Usai kegiatan pemberian tali asih dan piagam tersebut, Panglima Kolinlamil menyampaikan 3 hal yang menjadi kebahagiaan seorang prajurit TNI, pertama ketika telah berhasil melaksanakan tugas dengan baik, kedua ketika menerima surat ijin jalan dan ketiga ketika menerima surat keputusan pensiun atau pemberhentian dengan hormat tanpa masalah.

 

“Ada pepatah mengatakan, soldier is never died, dapat diartikan pengabdian prajurit itu tiada batasnya, dan ketika seorang prajurit telah memasuki masa pensiun artinya bahwa pengabdian kepada negara haruslah terus berlangsung dan berlanjut dengan cara apa yang telah didapatkan selama di kedinasan dapat diterapkan di lingkungan masyarakat luas. Personel yang sudah tidak berdinas aktif tetap harys menjaga marwah dirinya sendiri maupun bekas satuannya. Panglima Kolinlamil selaku pribadi dan atas nama seluruh keluarga besar Kolinlamil memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas segala pengabdian, dedikasi dan loyalitas yang telah diberikan kepada Kolinlamil, teriring harapan semoga tali silaturahmi tetap terjalin. (Dispen Kolinlamil)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#tnialrumahpancasila
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional