Connect with us

Kabar Jakarta

BKKKS DKI, SAI, PMI DKI bersama Dinsos DKI menjadi Mitra Kolaboratif RPD

Fokusindonesia.com,Jakarta, , RPD itu adalah Relawan Pelajar DKI yang menjadi entitas sebuah comdev di kalangan pelajar DKI untuk menjadi Content Creator.

“Yah, mereka mengenali dirinya dan memperkuat pengetahuan dan narasi sebagai RELAWAN yang masih sekolah dan belajar menjadi menu utamanya. RPD digagas oleh saya dan kak Seto pasca Kongres Anak 2022 dan tahun 2023 ini terbentuk dari 12 sekolah dengan pelatihan angkatan I, “ucap kak AruL Sahabat Anak yang ikut berjibaku membangun komunikasi dengan sekolah-sekolah dari kegiatan Kak Seto Goes To School.

Lanjut dijelaskan bahwa semua peserta pelatihan adalah utusan dari sekolah dengan surat tugas dengan kompetensi Osis, PMR, dan Pramuka sehingga mereka siap menjadi Relawan Sosial dan Kemanusiaan berpredikat Sahabat Anak.

“Perlu warga sekampung untuk melindungi 1 orang Anak Indonesia, untuk itu saya sambut baik dan menjadi pembina bersama SAI-Sahabat Anak Indonesia,” jelas Kak Seto yang juga pembina Koalisi Anak Madani Indonesia.

Kak Seto sumringah menjelaskan bahwa kehadiran RPD ini menjadi hilirisasi wujud nyata negara mendengarkan suara anak dan melibatkan partisipasi anak sebagai HAK Dasar sebagai Content Creator sehingga makin banyak Konten Positif dari remaja Gen Z.

Ikut hadir kak Premi Lasari- Kadinsos DKI sebagai narsum dan ikut menfasilitasi pelatihan Relawan Pelajar Kekinian yang berlangsung selama tiga hari Jumat-Minggu (27-29/1) di Graha BKKKS DKI.

“Dinsos DKI siap melatih lagi dan dukung RPD sebagai konten kreator dalam rangka diseminasi informasi anti hoax dan pembiakan lebih massive konten-konten positif di ranah medsos. Saya siapkan TA- Tenaga Ahli terbaik untuk melatih RPD-Relawan Pelajar DKI, ” seru Kak Premi serius dihadapan hampir 40an peserta dari 12 sekolah seperti SMKN 1 dan 2, SMAN 4, 35, 68, 1, SMPN 259, 1 dan 39, 10 dan lainnya.

12 jam kompetensi dari PMI DKI dari materi Pertolongan Pertama sampai Donor Darah, BKKKS DKI dan tim seperti Prof.Budi, Kak Maria, Le Manurung bersama kak Sukarno beri materi dari mengenal PMKS, Resos, Peksos, sampai melatih komunikasi efektif dengan guru dan orang tua.

Sementara SAI dimana ada unsur KPAI hadir kak Jasra hari kedua, kemarin (28/1) mengenalkan 4 Hak Dasar Anak dan UU Perlindungan Anak bersama Kak Henny Trauma Healing, Putra Pak&Bu Kasur, Mas Prass serta kak AL memperkenalkan ChatGPT Openai selain sahabat uncle google serta menyemangati secara online jadi anggota perpusda DKI dan perpusnas.

“Jadi Relawan Konten Kreator harus punya mengetahuan dari literasi terpercaya, baca buku dan jadi anggota perpustakaan adalah yang pertama dan utama bagi RPD, ” Sambung Kak AL.

Pelatihan 3 hari juga menghadirkan para Kepala Sekolah yang berhasil membina Sekolah Ramah Anak seperti Kak Rachmeidy sehingga asupan kompetensi relawan pelajar kekinian ini tercukupi dengan sikap dan narasi yang terbina dan raih pengawasan semua pihak.

Indonesia Bangga RPD….!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Kabar Jakarta