Connect with us

Nasional

SAFARI RAMADHAN TNI AL, KENALI POTENSI PULAU SEKATUNG DAN SABANG MAWANG

Jalesveva Jayamahe.

Jakarta, 31 Maret 2023 —– Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah melaksanakan safari ramadhan dengan berkunjung ke pulau Sekatung untuk melihat langsung potensi maritim yang ada sekaligus meninjau personel Satgas Marinir yang bertugas Pengamanan Pulau Terluar (Pamputer) Natuna Utara.

Rombongan Aspotmar Kasal menggunakan KRI Sultan Thaha Syaifudin 376 tiba disambut Camat Kecamatan Pulau Laut dan prajurit Satgas Marinir pulau Sekatung serta warga masyarakat Kecamatan Pulau Laut.

Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah yang didampingi Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Arif Prasetyo Irianto bertatap muka dengan prajurit Satgas Marinir pulau Sekatung dan meninjau fasilitas pendukung dalam bertugas. Menurutnya, keberadaan pulau Sekatung merupakan titik dasar perbatasan NKRI di bagian Natuna Utara yang harus dijaga.

“Tujuan saya datang ke pulau Sekatung yang utama ingin bertemu dengan para prajurit yang bertugas serta melihat potensi maritim yang ada di pulau terdepan ini. Melihat potensi kemaritiman yang ada di pulau Sekatung, perlu untuk didukung yang nantinya bisa dikembangkan, baik itu sumberdaya ataupun prasarananya,” ujar Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah.

Mayjen Nur Alamsyah juga mengajak para prajurit beserta masyarakat untuk tetap memanfaatkan potensi potensi alam yang ada bisa diberdayakan untuk pengembangan dan pertumbuhan ekonomi daerah. Pada kesempatan itu pula, Aspotmar Kasal menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat nelayan setempat dan berbuka puasa bersama prajurit Satgas Marinir dan masyarakat Pulau Sekatung.

Aspotmar Kasal juga berkesempatan menyambangi Posal Sabang Mawang Kecamatan Pulau Tiga Kabupaten Natuna sekaligus meninjau Taman Bahari Nusantara (TBN), Desa Sabang Mawang Barat, Kecamatan Pulau Tiga Kabupaten Natuna, Aspotmar Kasal meninjau Saung Pintar 262, menyerahkan tali asih kepada guru bimbingan belajar Saung Pintar 262, menyerahkan paket sembako untuk masyarakat, menyerahkan bantuan alat tulis kepada murid Saung Pintar serta penyerahan alat olah raga kepada Pemuda Karang Taruna setempat.

Sementara Bupati Natuna Wan Siswandi menyampaikan bahwa pemerintah daerah tentunya bersyukur dan terimakasih kepada TNI AL dan siap berkolaborasi dengan TNI AL yang sudah membuat Saung Pintar untuk menambah ilmu bagi anak – anak di Desa Sabang Mawang, tentu masalah kesejahteraan dari guru bimbingan belajar yang akan di perhatikan oleh Pemerintah Daerah. “Saung Pintar ini memberi ruang belajar diluar pendidikan sekolah lebih terarah. Dengan adanya saung pintar ini anak – anak yang ada di Desa Sabang Mawang kedepan akan lebih pintar dan terarah masalah pendidikannya,” ucap Bupati Wan Siswandi.

Senada dengan Hal tersebut, Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali menegaskan tugas TNI AL yang tercantum dalam undang – undang nomor 34 tahun 2004, melaksanakan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan Laut (Dawilhanla), melalui kegiatan pembinaan potensi maritim, bagi TNI AL dengan menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional