Connect with us

Nasional

SAMAKAN PEMAHAMAN SKENARIO LATIHAN, PELAKU GLAGASPUR TINGKAT III LAKSANAKAN TFG

Fokusindonesia.com, Berita Kolinlamil TNI AL, 14 Februari 2023 ——- Dalam rangka menyamakan pemahaman akan skenario latihan yang akan dimainkan dalam Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Tingkat III Kolinlamil tahun 2023, salah satu bagian yang harus dilalui adalah Tactical Floor Game (TFG). Tujuan dari TFG adalah agar seluruh pelaku latihan dapat memahami tugas masing-masing, siapa berbuat apa baik personel maupun alutsista yang diawakinya sehingga seluruh kegiatan yang direncanakan dapat terselenggara dengan lancar dan aman.

Bertempat di Gedung Laut Natuna Lantai 3, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, seluruh pelaku dengan dipandu oleh Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Mayor Laut (P) Anwar Sahid dengan penuh semangat dan bersungguh-sungguh melaksanakan TFG rangkaian kegiatan latihan mulai dari hari H-3 sampai dengan hari-H hingga seluruh unsur KRI yang terlibat Glagaspur Tingkat III kembali ke pangkalan, Selasa (14/2). Turut hadir dan memberikan asistensi Asisten Operasi Pangkolinlamil selaku Kepala Wasit Pengendali (Kawasdal) Kolonel Laut (P) Nanan Isnandar dan Komandan Satuan Lintas Laut Militer 1 selaku Perwira Penyelenggara Latihan (Papelat) Kolonel Laut (P) Yohanes Upang.

“Tactical Floor Game adalah taktik militer yang diterapkan untuk berkoordinasi terkait peran dari setiap unsur atau alutsista selama latihan atau manuver lapangan. Untuk Glagaspur kali ini melibatkan unsur KRI, pesud dan helly TNI AL, kendaraan tempur Marinir berikut prajurit Marinir.” ucap Asops Pangkolinlamil di depan sejumlah awak media.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan selaku Pimpinan Umum Latihan (Pimumlat) melalui Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Singgih Sugiarto selaku Wakil Pimumlat yang hadir di tengah-tengah jalannya pelaksanaan TFG menyampaikan,“Bapak Panglima Kolinlamil sedianya hadir dan bisa mengikuti kegiatan ini, namun karena ada beberapa kegiatan yang tidak dapat ditinggalkan beliau hanya berpesan agar seluruh prajurit yang terlibat harus memahami perannya masing-masing sehingga dalam pelaksanannya nanti tidak ada kendala teknis mamupun taktis yang bisa menghambat jalannya latihan.” pungkasnya.

Kegiatan Glagaspur Tingkat III Kolinlamil tahun 2023 merupakan upaya untuk menguji kesiapan dan kesiapsiagaan personel maupun alutsista dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas-tugas Kolinlamil. Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dalam Perintah Harian Kasal agar seluruh jajaran TNI AL untuk selalu meningkatkan kesiapan operasional, baik alutsista maupun satuan-satuan operasi, diikuti dengan peningkatan kemampuan (capability) dalam menjawab panggilan tugas yang saat ini selalu berkembang secara dinamis. (Dispen Kolinlamil)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional