Connect with us

Nasional

Satgas MTF TNI AL Berperan Sebagai Peacekeeper, Duta Budaya dan Duta Pariwisata Indonesia

Fokusindonesia.com, Jalesveva Jayamahe.
Jakarta, 5 Maret 2023, –  Sebanyak 85 mahasiswa, dosen beserta civitas akademika dari Saint Joseph University Lebanon berkunjung untuk melihat langsung keberadaan prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL) KRI Frans Kaisiepo-368 yang tengah menjalankan misi perdamaian dunia di Lebanon. Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Republik Indonesia (LBBP RI) untuk Lebanon, Hajriyanto Y. Thohari sebagai wujud kontribusi dalam pembinaan masyarakat, sekaligus menempatkan KRI sebagai duta diplomasi, budaya dan pariwisata, Jumat (03/03) kemarin.

“Apresiasi tinggi untuk KRI yang bukan hanya _peacekeeper_ namun juga telah memperkenalkan budaya dan pariwisata Indonesia di kancah internasional, saya bangga dengan pasukan Garuda,” tegas Dubes LBBP RI untuk Lebanon.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama erat dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beirut dalam rangka memperkenalkan kapal perang Indonesia sekaligus ragam kebudayaan, pariwisata, dan kuliner Nusantara.

Acara diawali dengan _welcome speech_ dari Dansatgas MTF Konga XXVIII-N/UNIFIL Letkol Laut (P) Jhon David Nala Sakti Sondakh dan tertua rombongan Saint Joseph University, Professor Christian Taoutel selaku Head of Departement of History dan International relations di Saint Joseph University. Rombongan selanjutnya melaksanakan ship tour, serta menerima presentasi edukasi kiprah KRI dalam misi PBB yang dirangkai dengan promosi budaya dan pariwisata Indonesia.

Kegiatan berlangsung interaktif dan penuh antusias dari mahasiswa, ditambah dengan semarak kuis berhadiah. Pada puncak acara, rombongan berkesempatan menyaksikan pertunjukan seni kebudayaan dan menikmati kekayaan kuliner nusantara yang dipersembahkan oleh prajurit KRI Frans Kaisiepo-368.

Diawali dengan lantunan lagu penuh harmoni dari tim band yang diikuti penampilan Tari Galung dari Kalimantan, Tari Tabi Manta dari Papua, serta kolaborasi Tari Saman dari Aceh dan Rampak Gendang dari Jawa Barat. Acara semakin meriah saat hadirin diundang untuk bersama menari Gemu Famire dari NTT. Menutup kunjungan, rombongan melaksanakan sesi foto bersama dan pertukaran cinderamata.

Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh menambahkan bahwa, kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen untuk melaksanakan tugas diplomasi Angkatan Laut dan meningkatkan citra Indonesia di dunia internasional.

Senada dengan itu, Professor Christian Taoutel menyampaikan apresiasi dan kesan yang mendalam atas acara tersebut, serta mengharapkan bahwa kerja sama yang terjalin dapat terus ditingkatkan. “Kehadiran KRI memberikan kontribusi yang signifikan dalam menjaga perdamaian dan membangun kapasitas domestik untuk kemajuan Lebanon,” tegas Cristian Tautel.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali berpesan kepada seluruh prajurit TNI AL yang tengah bertugas sebagai pasukan perdamaian untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan. “Jaga nama baik TNI AL dan Indonesia, serta pelihara hubungan dengan negara-negara yang juga tergabung dalam UNIFIL, sehingga nama baik bangsa maupun TNI AL tetap harum di dunia internasional,” ungkap Kasal.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional