Connect with us

Nasional

SATGAS TNI AL ENCAP THE 4th MNEK 2023 MULAI BANGUN FASILITAS UMUM DI MAKASSAR

 

Jakarta, 16 Mei 2023 ——- TNI AL akan menggelar Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) ke – 4 tahun 2023/the 4th MNEK-2023. Salah satu rangkaian kegiatan untuk mendukung event besar tersebut pembangunan fasilitas umum (Fasum) di kota Makassar, selasa (08/05/2023) yang dilaksanakan Satuan Tugas (Satgas) Engineering Civic Action Programme (ENCAP).

ENCAP tersebut meliputi pembangunan Monumen Multilateral Naval Exercise Komodo Tahun 2023 yang berlokasi di Center Point of Indonesia, memperbaiki bangunan sekolah UPT SPF TK, SD, SMPN 41 Satap pulau Lae-Lae, pembangunan Lorong Wisata di Jalan Cakalang III dan pemasangan Paving Blok di Jalan Lanraki.

Komandan Lantamal VI Brigadir Jenderal TNI (Mar) Amir Kasman, menjelaskan pembangunan fasilitas umum tersebut merupakan salah satu program yang dilaksanakan dalam rangka event Multilateral Naval Exercise Komodo ke- 4 Tahun 2023 yang akan digelar pada awal bulan Juni 2023 mendatang. Kegiatan ENCAP dilaksanakan lebih awal dari pelaksanaan kegiatan puncak The 4th MNEK 2023 sesuai dengan perencanaan, karena memerlukan proses dan waktu.

“Selanjutnya masih banyak kegiatan yang akan dilaksanakan, seperti IFR brief, ice breaking, opening ceremony, International Fleet Review (IFR), admiral lunch, bilateral meeting, welcome dinner, IMSS, fun bike, fun game, fun diving, city tour, city parade, culture perform, culinary, gala dinner, latihan, spouse program, maritime exhibition, atraksi udara, marine village, Medcap dan ENCAP”, tutur Komandan Lantamal VI.

“Kegiatan MNEK Ke – 4 Tahun 2023 ini, adalah kegiatan TNI AL berskala Internasional yang akan dihadiri oleh 49 negara sahabat dan tahun ini terpusat di kota Makassar”, tandas Komandan Lantamal VI.

MNEK merupakan salah satu program TNI AL dalam memperkuat hubungan internasional dan tugas diplomasi. Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali pada kesempatan terpisah menjelaskan, “MNEK bertujuan membangun kerjasama yang positif diseluruh Angkatan laut dunia, jadi MNEK ini bukan latihan yang bersifat tempur, lebih ke latihan yang bersifat bantuan (operasi) kemanusiaan, Humanitarian Assistance and Disaster Relief (HADR), ini sudah beberapa kali kita lakukan dan nanti yang ke-4 di Makassar. Diharapkan kerjasama antar Angkatan Laut negara-negara sahabat ini membangun hal yang positif dan bukan membawa hal-hal yang sifatnya bermusuhan, MNEK ini justru untuk menggalang perdamaian.”

Demikian Berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional