Connect with us

Nasional

Tahap Latihan Gunung Hutan, Bekal Ilmu Prajurit Kostrad Cakra XIV

Jakarta. Dalam rangka menerapkan ilmu patroli yang didapatkan di tahap basis, 500 Pelaku Latihan Standardisasi Prajurit Kostrad CAKRA XIV melaksanakan materi patroli yang terdiri dari Patroli Keamanan, Patroli Pengintaian, Patroli Penghadangan, Patroli Penyergapan dan diakhiri dengan Patroli Jarak Jauh.

Tahap Latihan Gunung Hutan yang dilaksanakan tanggal 22 sampai dengan 26 Februari 2023 mengambil tempat di Daerah Latihan Kostrad Gunung Sanggabuana, Karawang, Jawa Barat.

Pemilihan tempat ini berdasarkan pada karakteristik daerah penugasan saat ini yaitu Papua dan Poso yang memiliki kontur medan berbukit dan jurang terjal, hal ini sesuai dengan medan pada Daerah Latihan Kostrad di Gunung Sanggabuana, Karawang, Jawa Barat yang memiliki cuaca dingin dan berbukit.

Komandan Latihan CAKRA XIV Letkol Inf Roihan Hidayatullah, S.Sos., M.Tr (Han), menyampaikan bahwa pelaksanaan materi Gunung Hutan dilaksanakan selama empat hari dengan diawali pergeseran pasukan dari Home Base di GOR Kartika Cilodong menuju ke Rahlat Sanggabuana, Karawang dengan menggunakan Truk dan diakhiri dengan materi Patroli Jarak Jauh (PJJ) menuju ke Titik Start Hanmars di Cikalong Kulon, Cianjur, Jawa Barat.

“Tuntutan penugasan saat ini sangat kompleks dan dinamis, oleh karena itu prajurit harus mampu bergerak setiap saat dalam situasi dan medan apapun. Materi Gunung Hutan bertujuan untuk mempertajam naluri tempur dan membiasakan prajurit dapat bertindak cepat dan tepat dalam cuaca ekstrim, sehingga diharapkan saat kembali ke satuan prajurit Pelaku Latihan Standardisasi Prajurit Kostrad Cakra XIV sudah siap untuk diberangkatkan dalam penugasan,” tambah Komandan Latihan Cakra XIV Letkol Inf Roihan Hidayatullah, S.Sos., M.Tr (Han). (Penkostrad).

  1. Autentikasi
    Kapen Kostrad, Kolonel Inf Agus Soeprianto, S.I.P.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional