Connect with us

Nasional

TIM SAR TNI AL LANAL BANTEN BERHASIL TEMUKAN KORBAN TENGGELAM DI LAUT

Kabar-kini.com, Jalesveva Jayamahe, Jakarta, 5 April 2023 —– Tim Search And Rescue (SAR) TNI AL Lanal Banten yang tergabung dalam Tim SAR berhasil menemukan korban yang hilang tenggelam di laut dekat Dermaga 3 Pelabuhan ASDP Merak, Kota Cilegon, Selasa (4/4).

Kejadian tersebut bermula dari adanya laporan terjadinya kecelakaan di laut Man Overboard (MOB) seorang anak Koin (sebutan untuk penyelam yang mencari koin di Pelabuhan Merak) dari KMP Amarisa yang sedang dalam proses selesai pelayanan di Dermaga 3. Sebelumnya, Anak koin bernama Adi berusia 20 tahun warga Pasar Lama Merak, Kota Cilegon turun dari Kapal motor (KM) Amarisa, dengan meloncat ke darat. Namun saat itu korban membentur fender hingga jatuh dengan posisi kepala ke bawah air pada Selasa (4/4) pukul 12.30 WIB.

Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin memerintahkan Perwira Staf Operasi (Pasops) Mayor Laut (P) Chadziq Saifurrohman untuk mengerahkan Unsur Patkamla Panaitan dan RHIB Peucang serta Tim penyelam untuk membantu proses pencarian Korban. Pukul 16.00 WIB korban berhasil ditemukan oleh Tim Penyelamatan Lanal Banten bersama Tim SAR dalam keadaan meninggal. Selanjutnya korban dievakuasi untuk diserahkan ke pihak keluarga.

Komandan Lanal Banten mengatakan, proses pencarian korban memakan waktu hingga 4-5 jam. Tim SAR terpaksa harus melakukan penyelaman, karena korban tidak juga muncul ke permukaan. “Saat kedalaman kurang lebih 7 meter, korban ditemukan,” ujar Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin.

Langkah cepat penyelamatan yang dilakukan prajurit TNI AL merupakan implementasi dari perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali yang menginstruksikan jajarannya agar prajurit TNI AL selalu siaga dan siap dalam merespon segala kedaruratan dimasyarakat untuk melaksanakan aksi secepatnya dalam hitungan jam.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional