Connect with us

Nasional

Tingkatkan Kemampuan Individu Prajurit dan Satuan Melalui Uji Terampil Glagaspur P1/P2 Tahun 2023 di Mako Lanal Bintan

Fokusindonesia.com, TNI AL, Bintan,- Pejabat Sementara Komandan Lanal Bintan Kolonel Laut (P) Mandri Kartono, M.Tr. Hanla., M.M., membuka Uji Terampil Glagaspur Tingkat 1 dan Tingkat 2 (P1-P2) Tahun 2023, bertempat di Ruang Rapat Mako Lanal Bintan, Kamis (16/03/2023).

Dalam sambutannya, PgS. Komandan Lanal Bintan menyampaikan bahwa Uji Terampil Glagaspur Tingkat I dan Tingkat 2 (P1-P2) Tahun 2023 yang dilaksanakan saat ini merupakan sarana untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan, baik individu prajurit maupun satuan, peningkatan kemampuan ini harus dibina serta dikembangkan secara terprogram dan berkesinambungan.

Kepada seluruh prajurit Lanal Bintan, saya perintahkan untuk melaksanakan semua kegiatan latihan dengan sungguh-sungguh, sehingga tujuan dari Uji Terampil Glagaspur Tingkat 1 dan Tingkat 2 (P1-P2) Tahun 2023, ini dapat terwujud sesuai standar yang ditetapkan, serta pada saat latihan tidak akan mengganggu fungsi dan tugas pokok Lanal Bintan dalam memberikan dukungan logistik dan administrasi serta tugas lainnya kepada unsur TNI/TNI AL.

Adapun materi latihan yang akan diujikan antara lain Pertahanan Pangkalan (Hanlan), Prosedur Pemeriksaan Kapal, Latihan Penanggulangan Kebakaran (PEK), Latihan Penindakan Huru Hara (PHH), Latihan Penanganan Evakuasi Medis, Kecakapan Komunikasi, Keterampilan Bahari, Keterampilan Bongkar Pasang Senjata, Driil Renang Militer, Latihan Menembak, Latihan PDD Khas TNI AL, Latihan PBB, dan Latihan Upacara Pemakaman Militer, serta Permildas atau P5T.

PgS. Danlanal Bintan juga mengatakan bahwa kegiatan Uji Terampil Gladi Tugas Tempur Pangkalan Tingkat 1 dan Tingkat 2 (P1-P2) ini dilaksanakan berdasarkan perintah langsung dari Komandan Pangkalan Utama TNI AL I, Uji Terampil Geladi Tugas Tempur Pangkalan P1 P2 dilaksanakan untuk menghadapi penilaian Test Uji Terampil dari Tim Komando Latih Komando Armada I.

Hal ini juga selaras dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Mohammad Ali untuk senantiasa berlatih untuk menguji kesiapsiagaan dan profesionalisme prajurit TNI Angkatan Laut sampai sejauhmana kemampuan perorangan yang dimiliki dalam menghadapi setiap penugasan, dalam rangka pencapaian tugas pokok dan fungsi pangkalan,” ujar PgS. Danlanal Bintan.

Sebelum mengakhiri amanatnya, PgS. Danlanal Bintan berpesan “Untuk meningkatkan terus kualitas diri baik dari aspek moral, sikap, perilaku maupun tanggung jawab terhadap tugas, diharapkan latihan ini dapat meningkatkan semangat dan motivasi kerja serta lebih meningkatkan pengabdiannya terhadap TNI AL sehingga dalam melaksanakan tugas akan lebih baik dari sebelumnya”.

Pembukaan Uji terampil Glagaspur Tingkat P1-P2 Tahun 2023, dihadiri oleh Katim Kolat Koarmada I Letkol Mar Hendra Zarnadi, S.Sos., M.Si., M.Tr. Opsla., Palaksa Lanal Bintan Letkol Laut (P) Ferry Anton S, M.Tr. Opsla., Pasops Lanal Bintan Mayor Laut (P) Ahmad Sofyan, Pasintel Lanal Bintan Kapten Laut (P) Mugiyono, Ka. Akun Lanal Bintan Mayor Laut (S) Andi Arwin, Pasminlog Lanal Bintan Mayor Laut (T) Agung Wijayanto, A.Md., Dandenpoma Lanal Bintan Mayor Laut (PM) Jusak N.A. Pardede, S.S., M.Han., serta Tim dari Kolat Koarmada I.

(Pen Lanal Bintan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional