Connect with us

Uncategorized

TINGKATKAN KESIAPSIAGAAN, SATLINLAMIL 1 GELAR LATIHAN PENYELAMATAN KAPAL TERPADU

Berita Kolinlamil TNI AL, 22 Februari 2024 ——- Pagi ini, Kamis (22/2), Satuan Lintas Laut Militer 1 menggelar latihan penyelamatan kapal dan latihan peran kebakaran yang dilaksanakan di KRI Teluk Calang-524. Kegiatan ini merupakan bagian dari materi Latihan Penyelamatan Kapal (PEK) di dermaga beaching, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang diikuti kurang lebih 71 personil staf dan KRI dibawah kendali Komandan Satuan Lintas Laut Militer 1 Kolonel Laut (P) Anis Latif, S.E. M. dalam hal ini diwakili Letkol Laut (P) Anwar Sahid, S.E., M.Sc., M.Tr.Opsla selaku Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) dan dihadiri Komandan KRI Teluk Calang-524 Letkol Laut (P) Yanuar Rizky Wijaya dengan Instruktur Kapten Laut (T) Ersad Fathan Lahallo, S.T., Han.

Latihan dimulai dengan simulasi terjadinya kebakaran di geladak heli KRI Teluk Calang-524, dalam latihan tersebut diskenariokan KRI Teluk Calang-524 mengalami kebakaran yang diakibatkan oleh tembakan musuh. Tampak para prajurit dengan sigap dan tanggap mempraktekkan cara memadamkan api yang sebenarnya, dengan dibantu KRI Banda Aceh-593, KRI Teluk Palu-523 serta Pemadam Kebakaran Denma Kolinlamil dan KAL Nirwana III turut membantu memadamkan api. Dalam praktek ini lebih memfokuskan pada bagaimana cara mengantisipasi dini terhadap terjadinya kebakaran dengan mengenali jenis kebakaran, sehingga cara penanganannya tepat sasaran dan kerugian dapat diminimalisir. Dalam waktu kurang dari 1 jam kebakaran dapat di atasi dan hasil investigasi tidak ditemukan kerugian personel.

Komandan Satuan Lintas Laut Militer 1 melalui Palaklat mengatakan kegiatan latihan ini diselenggarakan untuk memberikan pembekalan kepada prajurit Satlinlamil 1 untuk lebih memantapkan dan meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaannya dalam melaksanakan kegiatan penyelamatan kapal khususnya terhadap bahaya kebakaran. (Dispen Kolinlamil).

tniprima

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Uncategorized