Connect with us

Nasional

TNI AL Bekali Personel Keuangan Sertifikasi PPSPM Untuk Hadapi Tantangan Yang Semakin Kompleks

Jalesveva Jayamahe

Jakarta, 17 Maret 2023 — Langkah nyata TNI Angkatan Laut dalam membangun organisasi yang professional dan accountable secara berkelanjutan menyiapkan sumber daya manusia yang professional, sebagai pengawak organisasi, salah satunya menyiapkan personel melalui Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Sertifikasi Pejabat Penandatanganan Surat Perintah Membayar (PPSPM) dan Kursus Sakti Tingkat Operator TNI Angkatan Laut Tahun 2023, bagi personel yang menangani pembuatan Laporan Keuangan di Satker masing-masing, di Kolat Koarmada l, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (13/03).

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan,” Berputarnya roda sebuah organisasi akan bertumpu pada kemampuan sumberdaya manusianya”. Demikian juga tujuan Diklat dan kursus ini adalah untuk mempertajam fungsi manajerial dalam memahami kerangka konseptual penyusunan laporan keuangan mulai dari Satker, wilayah dan tingkat Eselon I Unit Organisasi TNI AL untuk semakin profesional.

Kadiskual Laksma TNI Imam Subarkah saat membuka Diklat dan kursus menjelaskan bahwa tantangan pengelolaan keuangan negara yang kompleks, pada era digitalisasi yang semakin modern membutuhkan kompetensi yang mumpuni dari para personel pengawak keuangan, baik tingkat pejabat perbendaharaan maupun tingkat operator. Salah satu kompetensi tersebut ditunjukkan dengan sertifikasi pejabat perbendaharaan dan sertifikasi kursus Sakti tingkat operator.

Kadiskual berharap dengan memahami kerangka konseptual penyusunan laporan keuangan, para peserta Diklat ketika menjabat dalam struktur jabatan perbendaharaan dapat menganalisa, mengevaluasi dan menjadi solution maker terhadap permasalahan yang sering terjadi dalam penyusunan laporan keuangan. Begitu pula bagi peserta kursus, bahwasanya operator satker adalah ujung tombak dalam transfer data laporan keuangan yang dikirim secara berjenjang ke wilayah sampai ke Eselon I.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan dalam program prioritasnya bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL harus profesional, modern dan Tangguh, sehingga dalam penajaman kemampuannya disesuaikan dengan tugas dan fungsi Angkatan Laut, sehingga untuk memenuhi tuntutan tersebut diperlukan pembinaan personel secara terus menerus dan berkelanjutan.

Kursus yang dilaksanakan mulai tanggal 13 hingga 31 Maret 2023 ini diikuti oleh para staf pengawak keuangan TNI AL Kotama Jakarta serta secara video conference diluar Jakarta.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional