Connect with us

Nasional

TNI AL Palembang Aksi SAR Insiden Kapal Tenggelam MS. Mitra Setia Di Perairan Upang Marga Banyuasin

Fokusindonesia com, TNI AL, Palembang, 25 Januari 2023,– Telah terjadi kecelakaan air tenggelamnya Kapal MS. Mitra Setia di Perairan Upang Marga, Kecamatan Air Salek, Kabupaten Banyuasin, pada posisi

02° 42′ 321″ LS – 104° 57′ 313″ BT.

Kronologi Kejadian, pada hari Rabu tanggal 25 Januari 2023 sekira pukul 08.00 WIB, MS. Mitra Setia berangkat dari Jalur 8 Air Salek dengan tujuan Gasing yang dinahkodai oleh Usman Abdurahman beserta 1 (satu) ABK dan 11 ( sebelas) orang tukang panggul yang bermuatan 30 ton padi.

Sesampainya di Perairan Upang Marga, MS. Mitra Setia mengalami kebocoran dibagian lubang As baling-baling sehingga mengakibatkan air masuk dengan deras dan akhirnya menyebabkan MS. Mitra Setia tenggelam.

Dalam peristiwa tersebut, Nahkoda, ABK dan Tukang Panggul yang berada di kapal berhasil menyelamatkan diri.

Adapun diperoleh data kapal, Nama Kapal MS. Mitra Setia, Pemilik Andi Agus, GT 40 Ton, Muatan Padi, Nakhoda Usman Abdurahman, Islam, 49 Tahun, Jenis Kapal Muatan Sungai, Kebangsaan Indonesia, Jumlah ABK 1 orang, Penumpang 11 orang (Kuli Angkut), Berlayar dari Jalur 8 Air Salek dengan tujuan Gasing.

Begitu menerima laporan adanya insiden ini, Anggota Babinpotmar Upang segera mendatangi TKP bersama Anggota Pos Polairud untuk melaksanakan SAR korban dari kapal yang tenggelam dan segera melaporkan ke Pimpinan Atas.

Dalam Insiden kecelakaan air tersebut tidak ada korban jiwa ataupun korban luka dan untuk kerugian materil berupa 1 (satu) unit kapal tenggelam bersama muatannya, kerugian ditaksir sekitar 400 juta rupiah.

Komandan Lanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko S.E., M.Tr. Hanla., mengapresiasi kesigapan jajarannya dalam merespon dengan cepat dan melaksanakan SAR di wilayah kerjanya.

“Upaya SAR yang dilakukan merupakan implementasi pelaksanaan perintah pimpinan TNI AL yang selalu menekankan kepada jajaran TNI AL agar memanfaatkan dan melibatkan segala potensi yang dimiliki baik personel maupun alutsista untuk membantu dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan seperti SAR,” pungkas Komandan Lanal Palembang.

(Pen Lanal Palembang)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional