Connect with us

Nasional

TNI AL Siapkan Penampungan Korban Kebakaran Plumpang di KRI Banda Aceh 593

 

Jalesveva Jayamahe
Jakarta, 4 Maret 2023 —-TNI Angkatan Laut dalam hal ini Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melaksanakan aksi cepat tanggap darurat pasca bencana kebakaran hebat yang terjadi di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara pada Jumat malam (03/03).

Akibat kejadian kebakaran tersebut, banyak warga setempat yang harus rela meninggalkan rumahnya untuk menyelamatkan diri demi menghindari timbulnya korban jiwa. Meskipun saat ini si jago merah telah berhasil dipadamkan namun menyisakan duka mendalam bagi warga yang kehilangan tempat tinggal dan harta bendanya.

Sesuai dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali bahwa dimanapun TNI AL berada harus memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar. Hal ini menjadi dasar aksi tanggap darurat yang dilakukan prajurit TNI AL sebagai wujud kepedulian TNI AL terhadap kesulitan yang dialami masyarakat akibat terjadinya bencana.

Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksda TNI Yayan Sofiyan langsung memerintahkan jajarannya menyiagakan prajurit dan potensi yang dimiliki, apabila sewaktu-waktu dikerahkan guna membantu evakuasi korban, termasuk menyiapkan kendaraan pemadam kebakaran (Damkar), tim kesehatan dan angkutan untuk dikerahkan bilamana upaya pemadaman kebakaran  diperlukan perkuatan, serta mendata personel TNI AL yang dimungkinkan menjadi korban.

Secara proaktif, Panglima Kolinlamil langsung menghubungi Walikota Jakarta Utara Dr. Ali Maulana Hakim untuk menawarkan bantuan berupa penyiapan fasilitas untuk evakuasi warga yang terdampak kebakaran, dengan menyiapkan akomodasi di tank deck KRI Banda Aceh-593 yang saat ini sedang sandar di dermaga Mako Kolinlamil, Jakarta Utara. TNI Angkatan Laut serta menyiagakan Dinas Kesehatan Kolinlamil untuk membantu evakuasi dan penanganan korban kebakaran.

Reaksi cepat tersebut merupakan respon TNI AL atas komitmen untuk bersinergi dengan seluruh stakeholder dan komponen masyarakat dalam membantu dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional