Connect with us

Nasional

TNI AL Tumbuhkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Generasi Muda

 

Jalesveva Jayamahe
Jakarta, 14 Maret 2023,—— “Pembinaan mental ideologi merupakan proses pembentukan, pengembangan dan pendayagunaan watak dan kepribadian insan manusia yang merupakan salah satu komitmen Dinas Pembinaan Mental Angkatan Laut (Disbintalal) dalam upaya menjaga mental ideologi prajurit TNI AL dan keluarganya, sekaligus memberi motivasi dan solusi bagi para pelajar yang berada di lingkungan TNI AL.”

Hal tersebut diungkapkan oleh Kadisbintalal Brigjen TNI (Mar) Sandy Muchjidin Latief saat membuka kegiatan Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Muda di Lingkungan TNI Angkatan Laut Tahun 2023, Selasa (14/03), bertempat di Akademi Keperawatan dan Akademi Kebidanan Keris Husada, Yayasan Keris Samudera Korps Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan.

Lebih lanjut disampaikan, generasi muda harus bisa membawa NKRI kedalam perubahan yang lebih baik. Sebagai generasi muda penerus bangsa yang menjadi akar bangsa Indonesia, generasi muda harus dapat mewujudkan cita – cita dan tujuan nasional dengan kekuatan moralnya dalam berjuang.

“Memiliki kemampuan sebagai agent of change (agen perubahan) dan agent of social control (agen pengawas sosial) akan sangat mempengaruhi kehidupan bernegara yang berada di masyarakat,” ungkap Brigjen Sandy.

Kegiatan yang sama sebelumnya juga digelar di SMP Hang Tuah Kelapa Gading, Jakarta Utara. Dihadapan puluhan siswa, Kasubdis Ideologi Disbintalal Kolonel Laut (KH) Iwan Hariwanto, menjelasakan materi terkait implementasi nilai-nilai Pancasila dan sikap bijak dalam menggunakan media sosial bagi kalangan generasi muda.

Dalam kesempatan tersebut, Kolonel Iwan menyampaikan bahwa, begitu banyaknya ideologi alternatif merasuki ke dalam segenap sendi-sendi bangsa melalui media informasi, oleh karena itu sangat penting untuk menanamkan kesadaran terhadap potensi bahaya gangguan dari luar yang dapat merusak. “Oleh karena itu, kita harus mempertahankan identitas bangsa serta meningkatkan ketahanan mental dan ideologi bangsa,” tandasnya.

Hal tersebut searah dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali diberbagai kesempatan yang menegaskan bahwa, komitmen TNI AL sebagai Rumah Pancasila, dimana para prajurit Jalasena terus menggelorakan semangat Kebinekaan serta toleransi.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional