Connect with us

Nasional

TNI AL WUJUDKAN INDAHNYA KEBHINEKAAN DI RUMAH PANCASILA

 

Jalesveva Jayamahe
Jakarta, 2 Februari 2023 —- Guna mewujudkan terciptanya rumah Pancasila bagi seluruh komponen bangsa, TNI Angkatan Laut (TNI AL) turut serta memeringati Perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh 2023 dengan menggelar berbagai kegiatan yang bertempat di Dermaga Ujung Koarmada II, Selasa lalu (31/01).

Peringatan ini dipimpin langsung oleh Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S. didampingi seluruh Pejabat Utama Koarmada II, Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Dhira Hutabarat, seluruh prajurit Koarmada II dan juga melibatkan beberapa tokoh masyarakat seperti Ketua Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI), para pimpinan media elektronik, cetak, maupun online.

Kegiatan memperingati Perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh 2023 ini sesuai dengan perintah yang disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali kepada seluruh prajurit TNI AL yaitu untuk mewujudkan komitmen TNI AL sebagai Rumah Pancasila, sehingga yang dilakukan sampai saat ini para prajurit Jalasena terus menggelorakan semangat Kebhinekaan.

Hal ini juga sejalan dengan penyampaian Pangkoarmada II dalam sambutannya mengajak para Prajurit TNI AL untuk turut serta mengamalkan Pancasila secara aplikatif. “Pada kesempatan ini saya hanya ingin mengajak prajurit-prajurit saya, kita mengamalkan Pancasila ini secara murni dan aplikatif. Bhinneka Tunggal Ika itu ada di bangsa ini dan itu harus kita pahami dengan baik serta diterapkan dalam kehidupan sehari-hari”, ujar Pangkoarmada II.

Lebih lanjut Pangkoarmada II menyampaikan bahwa perayaan Imlek di Koarmada II merupakan bentuk pengamalan nilai Pancasila sila ke-3 yakni Persatuan Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika, di mana ada budaya yang berbeda, untuk itu harus tetap kita pahami secara baik dan hormati kebudayaan tersebut.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dilaksanakan berbagai acara seperti pelaksanaan olahraga bersama berupa Senam SKJ 88 dan jalan santai, dilanjutkan pertunjukkan Tarung Drajat dari prajurit Koarmada II, penampilan Barongsai, dan diakhiri dengan penampilan Band Koarmada II.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional