Connect with us

TNI AL

TUMBUHKAN KEBANGGAAN DAN PUPUK JIWA KORSA, PARA PERWIRA, BINTARA DAN TAMTAMA REMAJA DIKUKUHKAN MENJADI WARGA KOLINLAMIL MELALUI ACARA TRADISI PEMBARETAN

Kabar-kini.com, Berita Kolinlamil TNI AL, 28 Agustus 2023 –  Setelah melaksanakan rangkaian kegiatan On Job Training (OJT) Perwira Remaja (Paja) lulusan Akademi Angkatan Laut angkatan ke-68, beserta Bintara dan Tamtama Remaja Angkatan ke-42 Gelombang 2 tahun 2023 dikukuhkan menjadi warga baru jajaran Komando Lintas Laut Militer melalui acara tradisi pembaretan yang dilaksanakan di lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (28/8).

Acara yang dipimpin langsung oleh Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H. diikuti oleh seluruh Perwira, Bintara serta Tamtama Mako Kolinlamil dan Satlinlamil 1.

Di tengah cuaca Jakarta Utara yang cukup teduh, acara tradisi pembaretan ditandai dengan penyiraman segayung air bunga kepada para Perwira, Bintara dan Tamtama Remaja yang dilanjutkan pemakaian baret oleh Panglima Kolinlamil secara simbolis sebagai simbol mereka telah menjadi bagian dari keluarga besar Kolinlamil. Acara pembaretan bukanlah acara seremonial semata namun didalamnya terkandung nilai kejuangan, kebanggaan dan tanggung jawab yang harus diemban prajurit Kolinlamil dalam mendarmabaktikan jiwa dan raganya kepada TNI AL, bangsa dan negara. Penggunaan baret Kolinlamil membawa konsekuensi untuk menunjukkan kinerja terbaik serta menghasilkan karya yang berkualitas.

Panglima Kolinlamil diawal kata sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para Perwira, Bintara dan Tamtama Remaja yang telah mendapatkan surat tugas dan ditetapkan untuk mengawaki organisasi Kolinlamil. Diharapkan dengan bergabungnya Paja, Baja dan Taja Kolinlamil ini dapat memberikan semangat dan warna baru di lingkungan Kolinlamil, baik secara individu maupun satuan kerja sehingga dapat mendukung dan mewujudkan keberhasilan tugas-tugas Kolinlamil.

Lebih lanjut Panglima Kolinlamil menekankan bahwa di dalam struktur jabatan militer seorang Perwira memiliki peran yang sangat penting dalam menjalankan fungsi kepemimpinan. Sebagai seorang pemimpin tidak hanya dapat memberikan perintah saja namun harus senantiasa mengedepankan keteladanan dalam sikap dan perbuatan. Pada strata Bintara dan Tamtama, mereka mempunyai peran yang penting dalam menjalankan fungsi organisasi yang tidak hanya dapat menjalankan perintah semata, namun harus dapat menjalankannya dengan baik dan benar.

“Sebagai seorang Perwira, Bintara dan Tamtama Remaja yang baru bergabung di jajaran Kolinlamil, kalian dituntut mampu bekerja dengan baik. Untuk itu, saya perintahkan agar segera menyesuaikan diri, kenali tugas dan tanggung jawab kalian masing-masing sehingga dalam melaksanakan perintah dapat mencapai hasil seperti yang diharapkan.” tegas Panglima Kolinlamil.

Diakhir amanatnya, Panglima Kolinlamil menyampaikan beberapa penekanan sebagai pedoman dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara. Kesemuanya itu merupakan tindak lanjut dari instruksi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dalam Perintah Hariannya, salah satu diantaranya adalah selalu meningkatkan kemampuan (capability) dalam menjawab panggilan tugas yang saat ini selalu berkembang secara dinamis. (Dispen Kolinlamil)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in TNI AL