Connect with us

Nasional

TUNJUKKAN PERANNYA DI TENGAH MASYARAKAT, KEGIATAN KEMASYARAKATAN HARUS DIGALAKKAN KEMBALI

Fokusindonesia.com, Berita Kolinlamil TNI AL, 6 Februari 2023 – Upacara bendera tidak hanya merupakan sebuah kegiatan rutin setiap hari Senin setiap Minggunya, lebih dari itu upacara bendera bertujuan untuk menumbuhkan dan menguatkan budi pekerti dan karakter bangsa, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan. Nilai-nilai tersebut diantaranya adalah nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerja sama dan kekompakan, kekuatan fisik, mental dan patriotisme atau kepahlawanan. Moment upacara bendera dapat pula dijadikan sarana untuk menyampaikan arahan, informasi terkini dan kebijakan Pimpinan. Kali ini, upacara bendera yang diselenggarakan oleh Kolinlamil di lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara dipimpin oleh Asisten Potensi Maritim Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara dan diikuti oleh Prajurit dan PNS jajaran Kolinlamil, Senin (6/2).

Dalam amanatnya Aspotmar Pangkolinlamil menyampaikan bahwa Asisten Potensi Maritim adalah staf utama dari Panglima Kolinlamil untuk melaksanakan kegiatan pembinaan potensi maritim. Hal tersebut sesuai dengan yang terdapat di Undang-undang no 34 tahun 2004 pasal 9 bahwa TNI AL bertugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut. Pemberdayaan ini meliputi seluruh komponen bangsa yang diharapkan untuk menjaga pertahanan negara dalam sisi pertahanan laut. Adapun yang menjadi obyeknya adalah demografi, kondisi sosial, sumber daya manusia dan buatan untuk bersama-sama dibina secara dini dalam rangka untuk mengantisipasi ancaman yang mungkin saja terjadi.

“Sesuai dengan doktrin, walaupun dalam situasi damai tetapi kita siap bertempur. Tempur disini dalam arti kita harus terus menerus melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut sesuai dengan tugas dan fungsi dari Staf Potensi Maritim Kolinlamil.” ujar Aspotmar Pangkolinlamil.

Lebih lanjut Aspotmar Pangkolinlamil menjelaskan bahwa Kolinlamil telah melakukan berbagai kegiatan perberdayaan masyarakat yang menjadi binaan Kolinlamil di Muara Tawar, Bekasi. Beberapa waktu yang lalu Kolinlamil mengikuti kegiatan syukuran Nelayan Enam Muara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah setempat yang berkolaborasi dan bersinergi dengan TNI AL serta stakeholder terkait. Kegiatan yang melibatkan berbagai pihak tersebut dapat terselenggara dengan baik dan lancar. Hal itu menunjukkan soliditas dan sinergitas akan mampu menyelesaikan berbagai permasalahan.

Mengakhiri sambutannya, Aspotmar Pangkolinlamil menyampaikan instruksi dari Panglima Kolinlamil Laksda TNI Yayan Sofiyan bahwa kegiatan kemasyarakatan harus digalakkan kembali seperti halnya edukasi wisata bagi para pelajar. Berkaitan dengan hal tersebut, personel dari Spotmar Kolinlamil akan ditugaskan untuk mengambil apel upacara bendera di setiap sekolah yang berada di Jakarta Utara dengan tujuan mensosialisasikan TNI AL kepada generasi muda serta menumbuhkan wawasan kebangsaan dan semangat bela negara. Sesuai dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali bahwa prajurit TNI AL harus menjalin soliditas dan bersinergi dengan komponen pertahanan lainnya sesuai dengan doktrin TNI guna mendukung keberhasilan tugas-tugas TNI AL dan tugas pokok TNI. (Dispen Kolinlamil)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Yayan Sofiyan
Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara
Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali (Dispen Kolinlamil)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional