Connect with us

Uncategorized

Umat Hindu Yonbekang 2 Kostrad Rayakan Kemenangan Dharma Pada Hari Raya Galungan

 

Fokusindonesia.com, Jakarta. Umat Hindu Yonbekang 2 Kostrad, hari ini Rabu 4 Januari 2023 menggelar upacara persembahan di Pura Satria Dharma Yonbekang 2 Kostrad Jln. Panglima Soedirman 14 Malang dalam rangka merayakan hari raya Galungan.

Persembahyangan ini dilakukan untuk memanjatkan doa kepada sang pencipta atas keberkahan yang diberikan selama ini, serta agar seluruh warga Yonbekang 2 Kostrad dihindarkan dari segala macam bahaya.

Hari raya Galungan ini sendiri dilaksanakan 4 Januari dan akan berakhir pada 14 Januari 2023. Dalam pelaksanaannya hari raya galungan dilakukan setiap 210 hari sekali dan untuk penghitungannya menggunakan kalender Bali.

Disampaikan Peltu Made Yasa selaku pemangku persembahyangan di Pura Satria Dharma, bahwa hari raya yang terus dilaksanakan setiap 210 hari sekali ini, merupakan sebuah perayaan menyambut kemenangan Dharma melawan Adharma.

Dalam rangkaiannya, umat Hindu mengaturkan sesajen saat persembahayangan yang dilakukan di Pura. Sesajen tersebut dimaksudkan sebagai tanda syukur yang dipersembahkan kepada sang pencipta.

Usai melakukan persembahyangan, Made Yasa menambahkan, umat Hindu juga akan bersilaturahmi dengan sesama, karena hubungan sesama manusia juga harus tetap dijaga.

“Selain hubungan dengan Tuhan, hubungan dengan manusia dan hubungan dengan alam juga harus dijaga,” ujarnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Danyon Bekang 2 Kostrad Letkol Cba Firmanuddin Lulawangsa, S.I.P. memberikan ucapan selamat hari raya Galungan dan Kuningan kepada seluruh Umat Hindu Yonbekang 2 Kostrad khususnya dan umumnya kepada seluruh umat Hindu di mana pun berada, tak lupa pula beliau berpesan agar setiap kita melangkah di mana pun dan kapan pun itu tetap ingat kepada sang pencipta.

“Setidaknya kita selalu ingat apa yang kita perbuat ini tak lepas dari campur tangan yang Maha Kuasa,” tutupnya.

Setelah melaksanakan Galungan selama sepuluh hari ke depan maka selanjutnya Umat Hindu akan melaksanakan hari raya kuningan pada Sabtu 14 Januari mendatang. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Agus Soeprianto, S.I.P.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Uncategorized