Connect with us

Nasional

Waspada dan Siaga ! Mahasiswa KKN Tim I UNDIP Bekali Warga Mitigasi Bencana

Desa Gapura, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang (4/2)– Ardi Arunaditya, Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tim I Universitas Diponegoro tahun 2023 dari Program Studi Teknik Sipil melaksanakan kegiatan program edukasi mitigasi bencana tanah longsor sebagai upaya kewaspadaan dan kesiapsiagaan untuk warga Desa Gapura, Kecamatan Watukumpul.

Mitigasi bencana tersebut adalah serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana (Pasal 1 ayat 6 PP No 21 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana).

Desa Gapura merupakan desa yang sangat rentan terhadap bencana tanah longsor yang dikarenakan lokasi desa tersebut di daerah pegunungan. Hal tersebut mengakibatkan terdapat banyaknya lereng– lereng yang curam disekitar ruas jalan Desa Gapura dan permukiman warga Desa Gapura. Serta, kondisi curah hujan tinggi di Desa Gapura yang mengakibatkan likuifaksi tanah terjadi sehingga menambah potensi terjadinya tanah longsor.

Program edukasi mitigasi bencana tanah longsor diawali dengan melakukan wawancara kepada perangkat desa untuk mendapatkan informasi bagaimana warga desa menanggulangi bencana tanah longsor yang terjadi. Sehingga, dibuat poster mengenai mitigasi bencana longsor sebagai alat untuk menambah edukasi dan meningkatkan kewaspadaan serta kesiapsiagaan warga Desa Gapura apabila terjadi bencana tanah longsor. Harapan adanya program ini adalah meningkatnya kesadaran warga Desa Gapura terhadap potensi bahaya tanah longsor untuk keselamatan warga Desa Gapura.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional