Connect with us

Nasional

Wujud Penghormatan Kepada Pahlawan, Lantamal I Laksanakan Upacara Bendera Tujuh Belasan

Fokusindonesia.com, TNI AL, Belawan,- Personel Pangkalan Utama TNI AL I (Lantamal I) Belawan melaksanakan Upacara Bendera Tujuh Belasan, bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No. 01, Belawan, Medan, Sumatera Utara, Jumat (17/03/2023).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Komandan Lantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo. Upacara Bendera tersebut diikuti seluruh Personel Perwira, Bintara, Tamtama, PNS Mako Lantamal I dan Prajurit Yonmarhanlan I yang ditandai dengan pengibaran bendera dan pembacaan amanat Panglima Armada RI Laksamana Madya Heru Kusmanto.

Dalam amanatnya, Panglima Armada RI yang dibacakan Danlantamal I menyampaikan Upacara Bendera setiap tanggal 17 yang kita laksanakan secara rutin ini, esensinya merupakan pengejawantahan tugas kita melanjutkan perjuangan, menghormati, dan menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang mempertaruhkan jiwa dan raganya demi kemerdekaan bangsa dan negara kita.

Pada kesempatan tersebut, Pangkoarmada RI juga menyampaikan Visi dan Misi Koarmada RI agar dapat dijadikan pedoman dalam setiap penyelenggaraan program kegiatan, serta terpatri dalam jatidiri setiap pengawak organisasi jajaran Koarmada RI.

Visi Koarmada RI adalah “Koarmada RI yang Profesional, Tangguh dan Modern Dalam Rangka Mempersatukan Kekuatan Laut Nusantara”.

Berdasarkan visi dan misi tersebut, Panglima Koarmada RI memerintahkan kepada seluruh satuan dan personel pengawaknya di jajaran Koarmada RI untuk senantiasa menjaga marwah dan martabat Komando Armada. Bangun organisasi yang Kredibel dan Akuntabel, mampu melaksanakan tugas secara responsif, cepat dan akurat. Serta penuhi kemampuan diri para pengawaknya yang disiplin, profesional dan berkarakter, yang taat pada ketentuan peraturan perundangan-undangan. Jangan ada lagi penyimpangan atau martabat organisasi, keluarga dan diri sendiri. Pelangaran atau tindak kriminal, pinjaman online, penggelapan, perkelahian, penjualan atau penyelewengan BBM dan lain-lain justru sangat merugikan kita sendiri untuk itu akan ditindak tegas.

Lebih lanjut disampaikan bahwa tahun depan kita akan menghadapi tahun pemilu atau pesta demokrasi. Akan ada banyak dinamika yang timbul sebagai konsekuensi kompetisi demokrasi diseluruh pelosok negeri. Karena itu, seluruh prajurit dan pegawai negeri sipil Koarmada RI, agar benar-benar mampu membaca situasi dan kondisi yang ada, berikut segala kecenderungan perkembanganya, sehingga kita sedapat mungkin prediktif dengan langkah antisipatif dalam rangka menetapkan serta memelihara kondusifitas. Tidak kalah pentingnya adalah jaga netralitas dan pelihara soliditas TNI/Polri serta sinergitas dengan seluruh komponen bangsa.

Upacara diikuti oleh Pejabat Utama Lantamal I, Kadis/Kasatker serta seluruh Personel Lantamal I dan Yonmarhanlan I.

(Dispen Lantamal I)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Nasional